Membuat Rencana Anggaran Biaya Material dan Tenaga Secara Otomatis

Rencana Anggaran Biaya adalah hasil kalkulasi dari perencanaan perhitungan biaya suatu pekerjaan. Bentuk yang umum dijumpai adalah hasil perhitungan total, yang artinya perhitungan ini adalah hasil dari penjumlahan kebutuhan biaya tenaga dan material.

Namun dalam suatu kasus, perencanaan penghitungan biaya ini harus dibuat terpisah antara material dan tenaga. Misal, dalam pekerjaan borongan, owner harus punya acuan harga pekerjaan yang akan diborongkan. Jadi dalam kasus ini, perencanaan biaya yang dihitung adalah hasil pengurangan dari biaya total (tenaga + material) dikurangi biaya material.

Menggunakan Scenario manager untuk memperlihatkan beberapa scenario dalam 1 RAB



Rumus dasar perhitungan perencanaan biaya adalah hasil perkalian volume dan harga.

Nb. Untuk menampilkan preview formula gunakan “Ctrl + ~”

1. Buatlah tab “item” yang merupakan uraian dari biaya per item pekerjaan, yang merupakan hasil penjumlahan dari biaya tenaga dan material. 

ini adalah tab uraian pekerjaan yang berisi harga total per item = harga upah + harga material

2. Buatlah tab kedua yang dengan nama tab “total”. Tab ini adalah tab utama penghitungan rencana anggaran biaya yang didalamnya akan dihitung biaya total pekerjaan yang merupakan hasil kali dari volume x biaya. Di tab “total ini, buatlah lagi “control box 2” dengan format seperti dibawah: 




Kemudian kalikan :
+item!C4*+total!C2
+item!D4*+total!B2 

3. Langkah ini untuk menjalankan otomatisasi.
(Dalam keadaan tab total aktif), menu DATA, WHAT IF ANALYSIS




Kemudian tekan close.

Note:
1. Cara mengaktifkan scenario adalah, buka lagi scenario manager, lalu double click pada salah satu nama yang dikehendaki.

2.  Pada salah satu kasus, dimana anda ingin memasukkan harga dan material secara langsung ke tab “total” bisa digunakan cara seperti ini :




berikut saya sertakan file xls nya (0,3MB) download 
 -end-


Komentar

Postingan Populer