More and more of RAM

Mungkin dulu kita menganggap Ram 512 sudah mencukupi untuk daily computing. Tapi sekarang program makin rakus memori. Dan harga ram makin murah. hmmmm... berkah atau musibah?




ok lah kalo ada orang bilang kalo xp tuh cuman butuh RAM 200an mega, word 100an, dan program2 lainnya. dan kalo di itung 1+1, maka hasilnya hanya akan ada di sekitaran 600-800 mega. kecuali untuk gem yg rada berat, biasanya emang makan 1 giga (minimum requirement/kebutuhan minimum). dan kalo di pake itungan kasar maka hasilnya adalah ram 1 Giga harusnya dah cukup buat xp.

tapi bila xp ente sudah di modip2.. contohnya ketambahan antivirus, startup2 program, cleaner program dkk... maka xp nya sendiri akan mbengkak.. (bisa aja nyundul di angka 1G)

bila di office ente njalanin file dengan gambar2 mega pixel dan gambarnya banyak... bisa jadi word nya mbengkak di angka yg sama. terlebih untuk program2 khusus misal potosop, autocad dan (terutama) 3Dmax.

di Max ente buka 1 file dg ukuran 300mb minimal makan ram 4,1 G. kalopun ente paksa dg ram 1G komputer akan tetep jalan, tapi dikit2 ngehang. waktu ngehang tuh prosesor kerja buat nyusun program mana yg mo di jalanin. dan bila program tersebut terlalu gede maka prosesor akan mencicilnya.

bila ram ente gede, maka tugas prosesor hanya untuk memprosesnya, soalnya urutan program sudah di tata oleh ram. (tentu saja harus di sesuaikan ukuran file dan kapasitas prosesor). jgn mentang2 ram ente udah 8 giga, tapi prosesor pentium 3, trus ente merkosa TIFF 100Mb di potosop, walopun ram 8 giga tetep berguna tapi alhasil lebih banyak nggak kepakenya. intinya semua kalo bisa setara biar prosesor dan ram bisa kerja bareng.

terlebih kalo ente make 7, ram gede itu wajib. minimal 4 giga. soalnya 7 (versi 64) waktu start udah makan 1 giga. (aero off dan clasic theme). trus program2 laen. yg kecil mungkin office, dia akan jalan di sekitaran 200-600mb. dan kawan2nya.

ram yg ente beli kaga usah yg mahal, yg cepet ato yg merek paling bagus. soalnya sama saja kalo untuk pemakaian normal. (bedanya kagak akan kentara). kecuali kalo tujuan ente buat overclock, ram kenceng wajib biar score nya naik. dan naiknya tuh pun g gede2 amat.. paling berapa persen gitu. (tapi berapa persennya itu yg nentuin juara ato ngga).

RAM yang mahal tuh di desain tahan overclock, sehingga dia bisa stabil jalan kenceng dan ada beberapa fitur yg dibutuhkan wktu overclock. inilah kenapa dia mahal.

gambaran kasarnya, ram ddr3 4G untuk desktop yg terendah adalah pc 10800 yang jalan di 1333 MHz . untuk merek2 cap kacang semisal vgen, venom rx dkk dijual di sekitaran 280-330rb. sedangkan merek yg rada canggih macam corsair, patriot di sekitaran 350-360. sedangkan untuk pc diatasnya yaitu 1600Mhz di sekitaran 450-500 dan 2000Mhz di sekitaran 600-800rb.

Menurut bahasa sales, bila di 1333 aja ente misa jalan 100mph (pake spedo di motor... wkkwkw), maka kalo pake 1600 bisa lebih cepet 1600/1333 = 20% ato sekitar 120mph. dan kalo pake 2000Mhz angka 150mph tentu bukan hal sulit yg ente bisa dapet.

TAPI, yg kenceng tuh speed ram - ke prosesornya doank. bukan kecepatan overall. kecepatan keseluruhan tetep saja ditentukan oleh system (prosesor, ram, bandwith/koneksi, dan chipset). tapi yg nomer satu tetep prosesor yg nentuin.

dan kalo ente pake ram yg kenceng tadi buat pemakaian normal, maka peningkatan performa hanya akan ada di sekitaran angka 3-6 % (ato bahasa kasarnya kaga terlalu ngefek). jadi semoga ini bisa jadi pertimbangan ente milih ram cepet ato lambat.


tips beli ram (sori kalo bahasanya sok2an pinter... wkwkwk)

1. beli yg murah dan mudah di dapet.
murah artinya dompet ane tetep sehat. biasanya yg bedain murah dan mahal cuman di aksesori g penting. misalnya heatsink. secara kalo ente make normal, suhunya juga harusnya ikutan normal donk. dan ram normal sudah di desain agar tetep jalan di suhu normal.

mudah di dpt artinya kalo ram nya mati agan bisa retur dg mudah dan cepet (secara sekarang rata2 ram di garansi lifetime).

NB: kalo agan belom tau, lifetime artinya ram tetep akan di ganti selama ram tersebut masih diproduksi ato masih tersedia di pasaran. jadi bukan seumur hidup ente. tapi ini tetep jauh lebih mending daripada yg garansi 1-3 taon (laptop misalnya ). dan tambahan lagi, sepengetahuan ane, ram adalah komponen yg termasuk jarang rusak (dg catatan pemakaian normal, suhu cashing normal, dan power suply yg pure). jadi mo di mainin berjam2 ato berhari2 juga kyknya ok2 aja asal kondisi tersebut bisa di capai

kalo duit 50rb bener2 berarti buat ente, maka belilah yg merek2 biasa. tapi kalo tuh nggak masalah, ya beli aja yg merek terkenal.

2. ambil aja yg speed terendah kalo untuk daily use
ane udah ketik panjang lebar di atas alasannya kenapa

3. merek jelek kualitas jelek?
komponen utama dari ram adalah kepingan chip yg nempel di pcb. dan yg nentuin tuh ram bagus ato ngga ya chip nya itu. setau ane (sori kalo ngawur), perusahaan yg bisa dan mau bikin chip tuh cuman beberapa dan yg bertebaran tuh yang ngrakitnya. jadi bisa saja dg spek yg sama, ram murah make chip yg sama dg merk yg mahal.
yg bikin merek atas mahal menurut ane lebih pada harga "merk" itu sendiri. bayangin aja berapa duit yg dikeluain corsair buat promosi dan jaga image merknya. dan duit itu ujung2nya di tanggungkan ke ente.
***

sedikit pengalaman ane dengan ram dan windows 7.

windows yg ane pasang adalah windows 7 profesional x64. (jgn tanya asli apa kaga dan jangan tanya juga kenapa pake profesional).
kalo ente tetep ngotot nanya terpaksa ane jawab
1. asli ato kaga "mending rahasia aja deh"
2. profesional? soalnya kemaren waktu donlod kaga nemu2 yg ultimet (jadi ketahuan deh yg no.1)
3. kenapa x64? soalnya x86 ato 32 bit cuman bisa baca 3,2Giga dan kepotong onboard 0,2 jadinya 3 Giga. trus yg 0,8 kemana? sayang donk...

dg spek tersebut ane coba buka file 3dmax bikinan orang yg ukurannya 250MB. file terdiri dari 3milion poly. dg setting wireframe, fps yg ane dapet 0,00000005 (angka pastinya kaga tau, yg pasti lambatttt bgt). gambaran kasarnya buat mindah obyek aja butuh 10-15 detik. feeling ane pertamanya adalah di VGA. karena orang2 yg udah mahir pada make vga profesional.

berhubung duit ane kaga cukup, dan berhubung ada yg pernah bandingin2n (benchmark online maksutnya) vga untuk max (ada yg make gtx 460, gtx8800, radeon, quadro dkk), dan ane ikut2an dan ternyata vga onboard ane tidak terlalu ketinggalan. kalo gak salah kecepatan viewport hampir2 sama malah.

trus waktu pas ngrender,... x4 ane lama banget calculatingnya. hampir 15 menitan. dan di task manager ane lihat kalo ram nya 99% . setelah calculating selesai, baru proses render di mulai dan penggunaan ram akan turun lagi ke 60%.

di sini ane berkesimpulan kalo max butuh ram gede buat njalanin programnya... dan butuh ram paling gede pas waktu calculating. trus ane banding2in ama punya artis2 itu ternyata mereka make ram 8 giga ke atas semua (8-32G). konklusi ngawur ane proses jadi lambat karena max minjem ram di paging file. soalnya kalo pagingnya saya matiin waktu mo render langsung eror. jadi tetep bisa jalan tapi lamaaaa

ya udah deh ane beli ram murah 3 keping, = (1+3) x 4G = 16G
waktu buka file yg sama, ram cuman kepake 4 giga lebih dikit, di task manager kebaca 35%.
ajaibnya, obyek jadi rada bisa di puter2... lebih manusiawi bagi saya (walo kaga cepet2 amat dan masih banyak lag). waktu calculatingnya jadi cpet bgt... cuman beberapa menit doank. trus rendering.
kalo ane bandingin, lama rendernya tetep hampir sama, tapi lama calculatingnya itu lho yg drastisss....

"kalo cuman 35% berarti yg 65% mubadzir a.k.a percuma donk...."
belum tentu seperti itu juga gan, ane itu baru buka 1 file, kalo buka 2 ato 3 kan tinggal ngaliin butuhnya berapa. apalagi ane baru masih belajar, yg artinya wajib buka 1 file master dan 1 file bikinan saya sendiri... (alhasil bisa kopi paste material). kalo kemaren pake 1x4G, ane buka 1 file gede kompi dah mulai ngelag. ane buka 2, hang!.

[update]
Bila banyak displacement di setup anda, speed viewport akan ringan sekali, tapi konsekwensinya sediakanlah ram sebanyak yang anda bisa dapatkan. 
Bila ingin menghemat ram, gunakan poly/vertex obyek. Tapi speed viewport akan beraaaattt...

wep di kompi (windows experience index) ane cuman kebaca 4,5 yg didapat dari score minimum vga.
kenapa jelek sekali? ya karena ane pakenya vga onboard. tapi ini masih jauh lebih baik daripada vga onboard netbook atom.

ok back to topic, speck ane secara keseluruhan adalah seperti ini :
(atas saran guru2 di kskn)
- prosesor : amd x4 955 @ 3,2 G (tanpa overclock)
- mobo + vga : biostar ta 880gb+ / radeon 4250 (buat yg belom tau, tuh vga nempel ama moterboard, ato bahasa lainnya vga onboard )
- ram : 1x4G vgen + 3x4G venomrx 1333
-hardisk : seagate 500gb

dan aksesori pendukung laennya yg kaga terlalu penting di bahas disini, misalnya cashing bekas simbadda dan kipas cantik warna warni

1. prosesor amd yg seharga 1,2 jt an bisa dapet skor yg wah (menurut ane), soalnya harganya separonya i7 (tau dah dpt score berapa kalo make i7, tapi yg pasti tidak mungkin 7,3x2=14, secara score maximum adalah 7,9)
2. memory dapat 7,5... secara ram ane juga yg paling lambat dan murah... so???
3. grafis : 4,5 + 5,5. ya begini lah kalo make vga onboard. tapi udah cukup enteng kok maenin otoket 20mb ato max 100mb. kalo gem? ampun2... kemaren ane coba maen devil m cry cuman bisa jalan pentok kiri semua, dan itupun lag nya masih minta ampun....
4. disk : 5,9. ane rasa cuman raid ato ssd yg bisa dongkrak performanya. kalo ente pake single hardisk biasa, skore nya juga pasti sama2 aja. untuk daily use, masih enak kok gan. mindah2 file juga lumayan.

Komentar

Postingan Populer